Garut Dikepung 33 Titik Rawan Bencana

Sekda Garut, Wowo Wibowo, mengingatkan, daerahnya dikelilingi 33 titik lokasi rawan bencana alam, paling banyak di Provinsi Jawa Barat.

Beragam ancaman bencana alam tersebut di antaranya tanah longsor, banjir bandang dan lumpur, tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan bencana kekeringan, ungkap Sekda ketika menyampaikan sambutan Wakil Bupati Garut, Memo Hermawan, dalam pencanangan bulan dana PMI 2008 di Garut, Senin.

Oleh karena itu, menurut Sekda, tugas yang diemban PMI sangat berat. “Ini diperparah dengan kemiskinan warga Kabupaten Garut telah mencapai lebih dari 823 ribu orang,” katanya.

Selain itu, pelaksanaan program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, ternyata belum sepenuhnya berjalan baik, akibat terlambatnya proses pencairan tagihan, padahal PMI dihadapkan pada beragam kewajiban yang harus dipenuhi, seperti peralatan medis maupun obat-obatan.

Wowo Wibowo mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Garut untuk dapat meningkatkan kualitas kepedulian serta keprihatinan terhadap beragam masalah kemanusiaan, dengan cara menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan, untuk membantu membiayai berbagai kegiatan dan program PMI.

Pelaksanaan bulan dana PMI, yang biasanya dilakukan pada bulan September hingga 31 Desember 2008, saat ini dilakukan pada 20 Oktober hingga 31 Desember 2008.

sumber: (*), Tribunjabar,
sejak dipublikasi 20/10/2008,

Tinggalkan komentar