Ribuan Jemaah Haji Asal Garut Tak Bisa Mencoblos pada PILKADA Putaran Ke-2

Pelaksanaan pencoblosan Pilkada putaran kedua Kabupaten Garut 21 Desember nanti tidak mungkin bisa diundur lagi. Namun, konsekuensinya ribuan pemilih dipastikan tidak bisa mencoblos. Mereka adalah para jemaah haji asal Garut yang menuaikan ibadah haji di Mekkah dan mahasiswa yang tengah ujian.

Ketua KPU Garut M Iqbal Santoso menyebutkan ada usulan pengunduran jadwal pencoblosan dari sejumlah kalangan. Nanum, katanya, penentuan tanggal 21 Desember merupakan alternatif.

“Jika dilaksanakan melebihi tanggal 21, apalagi hingga tanggal 30 Desember, hal itu sangat tidak mungkin karena perhitungan dan penentuan hasilnya dipastikan jatuh pada Januari 2009. Sedangkan semua tahapan pelaksanaan Pilkada 2008 harus sudah selesai sebelum habis tahun ini,” katanya.

Iqbal menambahkan berdasarkan Undang Undang Nomor 12 Tahun 2008, antara lain mengisyaratkan mulai memasuki 2009 tidak diperbolehkan melakukan kegiatan Pilkada. Karena 2009 adanya kegiatan menghadapi persiapan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden.

Iqbal mengakui adanya usulan agar Pilkada putaran kedua digelar pada 30 Desember 2008 dengan alasan 21 Desember ada sekitar 1.213 jemaah haji asal Garut yang masih melaksanakan ibadah haji. Selain itu, pada 21 Desember mahasiswa tengah ujian.

“Sayang, kedua alasan tersebut tetap tidak bisa memundurkan jadwal pencoblosan yang telah ditetapkan. Kami terpaksa menolak semua usulan pemunduran jadwal pencoblosan karena kami juga mempunyai alasan yang sangat kuat,” tegasnya. (set)

sumber: Kemal Setia P,Tribun jabar,
sejak dipublikasi 04/11/2008,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: