Gubernur Tinjau Langsung Pakenjeng

GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau langsung lokasi bencana longsor di Kabupaten Garut bagian selatan, Senin (10/11). Yang ditinjau adalah salah satu wilayah yang cukup parah terkena longsor yakni Kecamatan Pakenjeng.

Gubernur kemarin didampingi Wakil Bupati Garut Memo Hermawan, Kabag Humas Setda Garut Drs Dik Dik Hendrajaya MSi, Kepala Bakorwil Priangan, Atjep Shahabuddin dan unsur muspida lainnya. Rombongan tiba di Kampung Pasirmuncang, Desa Panyindangan, Pakenjeng sekitar pukul 14.00.

Longsor yang melanda kampung tersebut mengakibatkan 106 rumah warga terancam ambruk, dan 50 rumah di antaranya telah dikosongkan para penghuninya yang mengungsi ke rumah saudara dan tetangga yang dinilai masih aman. Di kawasan ini, gubernur juga mendapati informasi jika longsor juga mengancam areal sawah seluas 15 hektare di kampung tersebut.

Gubernur memberikan bantuan untuk para korban bencana longsor berupa beras 3 ton, mi instan 1.500 bungkus, sarden 1.000 kaleng, kecap 300 botol, biskuit 400 bungkus, kornet 850 kaleng, tikar 50 lembar, dan minyak goreng 100 liter. Bantuan tersebut secara simbolis diterima oleh Wabup Memo Hermawan, untuk kemudian disampaikan kepada para korban.

Gubernur menyarankan agar warga yang tempat tinggalnya rawan terkena bencana longsor direlokasi ke tempat aman. “Selain itu agar dilakukan penghijauan di lahan-lahan kritis untuk mencegah timbulnya ancaman longsor di kemudian hari,” pinta Heryawan.

Ibrahim (52) warga setempat berharap kedatangan gubernur ini bisa mempercepat proses relokasi warga setempat. “Sebab selama ini kami merasa terkatung-katung karena tidak memiliki tempat berteduh yang aman,” harapnya.

sumber: Kemal Setia Permana, Tribun jabar,
sejak dipublikasi 11/11/2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: