20-21 November, Rossi Tes Mobil Ferrari di Mugello

160625pFerrari memberikan kepastian tentang tempat dan waktu bagi Valentino Rossi untuk melakukan tes mobil balap milik mereka. Tim “kuda jingkrak” itu akan memberikan kesempatan kepada The Doctor mengendarai mobil mereka pada 20-21 November di Mugello.

Ini merupakan aksi pertama Rossi di atas mobil Ferrari F1 sejak dia melakukannya pada bulan Februari 2006 di Valencia. Namun kali ini, tes yang dilakukan murni bersifat fun, karena Ferrari ingin menyenangkan Rossi yang baru saja memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2008.

Pasalnya beberapa waktu yang lalu, kubu Ferrari berjanji untuk melakukannya. Karena merasa Rossi adalah teman mereka, maka Scuderia mau menyenangkan hati “sahabat”nya tersebut sebagai kado atas kesuksesannya merengkuh gelar keenamnya sepanjang karier di MotoGP.

Tes di Valencia merupakan kesempatan keempat Rossi berada di belakang kemudi mobil Ferrari Formula One, namun yang pertama dengan tim-tim lain serta pembalap-pembalap lain. Sebelumnya, dia selalu melakukan sendirian ketika melakukan ujicoba di Fiorano dan Mugello.

Waktu itu, Rossi mencatat waktu terbaik ke-12, terpaut 1,5 detik dari pembalap tercepat–sekaligus juara dunia F1–, yakni Fernando Alonso dari tim Renault. Best lap yang diukir The Doctor hanya berselisih 0,71 detik dari jagoan Ferrari, Michael Schumacher.

Hanya saja, sulit untuk melakukan perbandingan saat tes di Valencia itu. Karena, kebanyakan pembalap menggunakan mesin baru untuk 2006, 2.4 litre V8 engines, sedangkan Rossi diberikan 3 litre V10 engine. Sasis yang dipakai pembalap Yamaha MotoGP itu juga merupakan disain yang lebih tua.

Satu-satunya pembalap benaran yang menggunakan V10 engine adalah tes driver McLaren, Pedro de la Rosa. Ternyata, Rossi lebih kencang dari pembalap berpengalaman asal Spanyol itu dengan selisih 0,09 detik, meskipun dia sempat beberapa kali tergelincir.

Ketika ada rencana untuk melakukan tes pada bulan November ini, muncullah spekulasi bahwa Rossi akan banting setir dari balapan roda dua ke roda empat. Namun pembalap yang sudah identik dengan nomor 46 tersebut membantahnya, karena dia tetap pada komitmennya untuk tampil di MotoGP.

Memang, Rossi masih terikat kontrak dengan Yamaha sampai musim 2009. Setelah itu, Rossi memang bebas menentukan pilihan, namun dia tak mau beralih ke F1 karena menurutnya, usia 31 tahun–saat bebas kontrak pada tahun 2010–sudah terlalu tua untuk bersaing di balapan jet darat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: