Video Team Fiat Yamaha Lounching YZR-M1 2009

Juara MotoGP 2008 Valentino Rossi yakin performa motor terbarunya, Yamaha YZR-M1 2009 akan berbeda cukup signifikan dari sisi kecepatan dibandingkan versi sebelumnya. Hal itu diungkapkan Rossi, Juara dunia kelas utama (500 cc/MotoGP) enam kali saat memperkenalkan M1 2009 milik tim pabrikan, Fiat Yamaha, senin kemarin.

Tahun lalu, Rossi dan Yamaha memboyong seluruh gelar di Kejuaraan Dunia MotoGP (Pembalap,konstruktor, dan tim). Dikategori pembalap, Rossi unggul 93 point atas Casey Stoner (Ducati Marlboro). Dari 18 seri yang dilombakan, Rossi menang sembilan kali dan finis diposisi podium 16 kali. Padahal, musim 2008 merupakan tahun pertama Rossi turun dengan ban Bridgestone.

Karena sukses besar itulah Yamaha kabarnya tidak terlalu banyak mengubah spesifikasi saat mendesain M1 2009. Termasuk tidak terlalu banyak mengubah geometris sasis dan suspensi karena sudah sesuai dengan karakter Bridgestone.

“Saya sudah menguji motor ini di Valencia dan kemudian di Jerez. Saya merasa jauh lebih cepat dengan motor baru ini,” tutur Rossi.” Sekilas M1-2009 mirip dengan 2008. Namun saya merasa lebih percaya diri dengan versi 2009 karena lebih cepat.

Kendati yakin bisa lebih cepat, Rossi mengaku musim ini dia bakal mendapat perlawanan lebih sengit dari sejumlah rival beratnya seperti Stoner dan Dani Pedrosa. “Tahun 2008 sangat sulit karena saya harus mengerahkan segalanya untuk meraih gelar yang dua tahun lepas.” Ujar Rossi.”Musim ini akan lebih jauh lebih sulit karena rival-rival saya akan membalas kegagalan tahun lalu dengan berusaha mengalahkan saya. Dengan situasi seperti itu, saya yakin musim ini bakal lebih berat dibandingkan 2008.”

Manajer Tim Fiat Yamaha Daniele Romagnoli, mengakui bahwa M1 2009 tidak berbeda jauh dengan versi 2008.” Kami sukses besar dengan motor versi 2008. Jadi tidak ada alas an untuk mengubah konsep desain secara drastic. M1 2009 ini memang mirip dengan pendahulunya,” kata Romagnoli, penanggung jawab kru untuk Jorge Lorenzo.

Ditunjukkan Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban di MotoGP mulai musim ini, menurut Ramagnoli, bisa mempermudah tim tekniknya dalam menentukan setelan motor.

“Dengan ban baru (tahun lau Lorenzo menggunakan Michelin), kami bisa mendapatkan beragam jenis setelan motor dibandingkan tahun lalu. Praktis kami memiliki lebih banyak pilihan setelan. “ Katanya. “Dengan mengubah geometris sasis, kami mencoba meningkatkan akselerasi motor saat keluar tikungan karena kami berencana meningkatkan grip ban depan. Kami juga memodifikasi control manajemen dan mapping mesin untuk meningkatkan akselerasi sehingga para pembalap bisa langsung menarik throttle (gas) lebih cepat beberapa meter.”

Rossi dan Lorenzo dijadwalkan menguji M1 2009 di Sirkuit Sepang, Malaysia pekan ini.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2009

Mesin : Segaris (in-line) 4 silender 800 cc 4-Tak, pendingin cair, kru as (crankshaft) Crossplane.

Tenaga : Lebih dari 200 dk (147 KW)

Kecepatan Maksimal : Lebih dari 320 km/jam

Transmisi : 6-speed, gearbox model kaset, rasio gear bisa diatur

Sasis : Alumunium twin tube delta box. Geometri setang, jarak sumbu roda (wheelbase), dan tinggi-rendah posisi pembalap bisa disetel. Lengan ayun (swingarm) alumunium.

Suspensi : Ohlins, upside down (depan) dan monoshock (belakan). Semua bisa disetel sesuai berat pembalap, tinggi-rendah kompresi mesin dan efek rebound yang diinginkan.

Velg : Marchesini 16,5 inchi (depan-belakang). Lebar velg disesuaikan, tergantung kebutuhan.

Ban : Bridgestone 16,5 inci (depan-belakang). Bridgestone menyediakan empat jenis ban, botak (slick), medium, basah, dan ban yang kembangannya bisa dibuat sendiri (hand-cut tyre).

Rem : Brembo, cakram karbon ganda 320 mm dengan empat kaliper piston (depan). Cakram tunggal baja 220 mm dengan dua kaliper piston (belakang).

Berat : 148 kg. Sesuai regulasi FIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: