BBM Turun Lagi, Premium dan Solar jadi Rp4.500

Janji Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menyampaikan turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) pada 15 Januari mendatang, ternyata maju lebih awal. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkannya, Senin (12/1) harga premium dari Rp5.000 per liter menjadi Rp4.500 diikuti solar dari Rp4.800 per liter menjadi Rp4.500 terhitung 15 Januari 2009.

“Penurunan premium ini berarti sebesar 25 persen dan solar 18,2 persen sejak 1 Desember 2008,” kata Presiden di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/1) seusai melakukan sidang kabinet terbatas.

Penurunan ini, lanjut Presiden akan diikuti dengan penurunan tarif angkutan sekitar 10 persen. Terutama untuk penentuan tarif yang diputuskan oleh pemerintah pusat dalam hal ini menteri perhubungan.”Penurunan tarif ini berlaku mulai 15 Januari sama dengan waktu penurunan harga BBM,” tegasnya.

Sementara penetapan tarif angkutan oleh Pemda, menurut Presiden menjadi kewenangan mereka. Namun diharapkan Pemda juga melakukan jumlah nilai penurunan tarif yang sama hingga bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Hadir dalam sidang kabinet terbatas itu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Widodo AS, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menko Perekonomian Sri Mulyani, Mendag Mari Elka Pangestu, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menperin Fahmi Idris, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: