Tarif Angkutan Umum Turun 5 Persen

Pemerintah dan DPP Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) sepakat menurunkan tarif angkutan umum tiga sampai enam persen atau rata-rata lima persen. “Ini hasil pertemuan kami dengan Organda dan YLKI,” kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Dephub Sudirman Lambali kepada pers seusai pertemuan tertutup di Gedung Dephub di Jakarta, Selasa.

Kesepakatan itu menyikapi penurunan harga premium dari Rp 5.500 menjadi Rp 5000, dan solar dari Rp 5000 menjadi Rp 4.800.

Sementara itu, tarif angkot di kota Bogor sudah turun 20 persen, dari Rp 2.500 menjadi Rp 2.000. Penurunan ini dicapai pada rapat antara pemkot Bogor dengan Organda dan Kelompok Kerja Sub-Unit (KKSU) Sopir Angkot di Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ), Bogor, Selasa (16/12).

“Kami mengusulkan agar tarif angkot diturunkan Rp 500, dari Rp 2.500 menjadi Rp 2.000 dengan berbagai pertimbangan. Usulan tersebut bisa diterima Organda dan KKSU,” kata Kepala Bidang Angkutan DLLAJ Pemerintah Kota Bogor Suharto seusai mengikuti rapat.

Penurunan tarif itu di antaranya didasari permintaan dari masyarakat agar tarif angkot diturunkan Rp 500 karena pemerintah sudah dua kali menurunkan harga BBM.

“Dari pada beberapa kali menurunkan tarif angkot karena pemerintah beberapa kali menurunkan harga BBM, lebih baik sekali saja menurunkan tarif angkot,” kata Suharto.

Ketua DPC Organda Kota Bogor Muhammad Ishack AR mengatakan, Organda menerima usulan DLLAJ meskipun sebenarnya pemilik dan sopir angkot merugi. Berdasarkan hitungan teknis tim DLLAJ, dengan turunnya harga BBM dari Rp 6.000 per liter menjadi Rp 5.000 per liter, penurunan tarif angkot seharusnya hanya Rp 111, dari Rp 2.500 menjadi Rp 2.289.

Kalaupun Organda bersikeras meminta agar penurunan tarif angkot hanya Rp 200 menjadi Rp 2.300, kata dia, praktiknya tetap sulit dilaksanakan karena sulit mencari uang pecahan Rp 100 sehingga banyak penumpang yang membayar Rp 2.000.

Berdasarkan hasil kesepakatan tersebut, tarif angkot di Kota Bogor turun dari Rp 2.500 menjadi Rp 2.000, baik untuk jarak jauh, maupun dekat. Khusus pelajar SD dan SMP, tarifnya Rp 1.500 untuk jarak jauh dan dekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: