DKI Bahas Penurunan Tarif Angkot

Terkait penurunan harga bahan bakar minyak (BBM), Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyebut pihaknya kini sedang membahas rencana penurunan tarif angkutan di DKI. “Kami sedang bahas. Dishub (Dinas Perhubungan) sedang berdialog intensif dengan Organda,” kata Gubernur di Balai Kota Jakarta, Senin (15/12).

Kepala Dishub M Tauchid menyebut bahwa kemungkinan penurunan tarif angkutan sangat besar karena yang turun bukan premium saja, tetapi juga solar, bahan bakar yang banyak digunakan oleh kendaraan angkutan umum. “Sebelumnya yang turun hanya premium, sekarang solar juga turun. Premium juga turun lagi (harganya) sehingga penurunan harga premium total menjadi Rp 1.000. Itu cukup signifikan,” papar Tauchid yang menyebutkan bahwa Pemprov DKI sedang menunggu hasil pembahasan dengan Organda mengenai jumlah penurunannya.

Meskipun tidak dapat menentukan besar penurunan tarif, Tauchid menyebut prosentasenya tidak akan mencapai 15 persen seperti penurunan harga BBM. “Saya tidak bisa mengira-ngira berapa persen penurunannya, namun mungkin tidak lebih dari 15 persen karena BBM hanyalah salah satu komponen tarif,” katanya.

Ditambahkannya, Pemprov DKI tentunya menginginkan tarif angkutan itu turun untuk membantu masyarakat. “Pemerintah (Pusat) juga menurunkan harga BBM untuk bantu masyarakat. Tentunya sesegera mungkin kami juga menentukan penurunannya,” ujarnya.

Gubernur mengungkapkan mekanisme naik turunnya tarif angkutan itu sudah biasa dilakukan di negara-negara maju, di mana tarif akan bergerak mengikuti harga BBM.
“Naik 10 sen atau turun 10 sen itu sudah biasa,” kata Fauzi mencontohkan.

Namun untuk Indonesia, Gubernur berharap agar penetapan tarif angkutan itu tidak hanya berlaku untuk jangka waktu singkat agar tidak membingungkan masyarakat. “Harus berlaku dalam jangka waktu yang panjang. Kalau turun naik bisa menambah kebingungan masyarakat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: